Kamis, 21 Januari 2010

( sketsa kehidupan ) TUBUH UNTUK SEORANG SAHABAT

MULUT
Dukung dia melalui ucapan yang positif, membangun dan bisa membangkitkan semangatnya. Bukannya ngomong hal yang enggak-enggak, menyindir, kritikan yang menjatuhkan bahkan menggosip dibelakangnya. Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang. Amsal 16:24.

TELINGA
Tuhan menciptakan 2 telinga dan hanya 1 mulut, itu artinya kita harus banyak mendengar daripada berbicara. Sediakan telinga buat sahabat untuk mendengar keluhan, uneg-uneg, atau juga cerita gembiranya. Dengarkan ceritanya dengan utuh dan jangan memotongnya. Saat dia didengarkan maka dia akan merasa dihargai dan disayangi. Bukankah kita juga merasakan hal yang sama? Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah kebodohan dan kecelaannya Amsal 18:13.

MATA
Lihatlah hal-hal positif dari dirinya. Kebaikannya, ketulusannya, kerajinannya, dsb sehingga kita akan merasa beruntung banget punya sahabat sepertinya. Sebaliknya kalau kita hanya melihat hal-hal yang negative melulu, selamanya kita nggak bakal punya seorang sahabat. Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum. Ampunilah dan kamu akan diampuni Lukas 6:37.

TANGAN
Jangan malas untuk membantu. Kita harus saling menolong saat yang lain sedang dalam kesulitan.menjadi ringan tanganlah untuk menopang sahabat semampu kita. Sebagai sahabat yang baik, Yesus selalu bersedia mengulurkan tanganNya untuk menolong kita. Sahabat yang baik tentu bersedia menolong. Bertolong-tolonglah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu mematuhi hukum Kristus Galatia 6:2

KAKI
Melangkahlah di jalan yang benar. Dan ajaklah sahabat kita untuk melangkah di jalan yang sama dengan melihat teladan kita. Saat sahabat kita berada di jalan yang salah, jangan malas untuk menegur hanya karena takut sahabat kita jadi benci terhadap kita. Karena justru itulah kasih yang sebenarnya.
Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. Amsal 27:6.

PIKIRAN
Dalam persahabatan, ada gesekan adalah hal yang wajar. Tapi kita harus bekajar untuk memaafkan, kemudian melupakannya dari pikiran kita. Sebaliknya, saat sahabat kita melakukan hal yang baik untuk kita, ukirlah itu dalam benak kita sehingga kita akan selalu ingat bahwa kita memiliki sahabat yang baik.
Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata aku menyesal, engkau harus mengampuni dia Lukas 17:4.

PERASAAN
Always put your self in other's shoes. If you feel that it hurt you, it probably hurts the person too. So, kembalikan semuanya pada diri kita sendiri. Lakukan hal yang kita ingin agar sahabat kita melakukannya untuk diri kita. Jaga perasaan sahabat seperti menjaga perasaan kita sendiri. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri Matius 22:39.

HATI
Kasihilah sahabat kita dengan tulus, tanpa motivasi tertentu. Jalinlah persahabatan bukan karena kita ingin mendapatkan sesuatu dari dirinya, tetapi karena kita ingin membagi apa yang kita punya kepadanya. Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran. Amsal 17:17.

BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar