Rabu, 27 Januari 2010

~~ Tradisi menurut Injil ( 1 ) ~~

Tradisi yang dimaksud di sini, adalah segala peraturan mengenai sikap dan perbuatan yang dilakukan secara turun-temurun.! Ada beberapa tradisi, yaitu: TRADISI KELUARGA dan TRADISI DAERAH.

** Di tiap-tiap keluarga pada umumnya mempunyai tradisi / aturan, seperti: Bagaimana sikap kita terhadap orang tua, Tidak boleh berjalan melangkahi orang yang lebih tua yang lagi duduk di lantai. DLL.

** Di tiap-tiap daerah pun juga mempunyai tradisi / aturan yang harus di lakukan, karena bila dilanggar, bisa mendatangkan kesialan (Menurut kepercayaan orang-orang di daerah itu).
Contoh: Di daerah Banjarmasin (Kal-Sel), bila kita datang bertamu ke rumah teman / saudara, lalu kta di sajikan kopi / teh, maka kita harus meminumnya / mencicipinya sebelum kita keluar dari rumah itu. Karena bila tidak meminumnya / mencicipinya, maka kita akan KEPOHONAN (= SIAL).

Pada umumnya tradisi ini dilakukan karena ada maksud-maksud atau tujuan tertentu, namun ada juga yang berdasarkan TAHYUL atau suatu kepercayaan keluarga atau daerah; Yang dapat membuat orang menjadi takut untuk melanggarnya, karena KUATIR akan mendapatkan KESIALAN.
Sebagai orang yang telah percaya kepada Kristus Yesus, sebagai JURU SELAMAT. Maka kita mempunyai dasar / pondasi, yaitu: FIRMAN TUHAN. Jadi segala sesuatunya harus kita cocokkan dengan firman Tuhan.
Tradisi yang tidak bertentangan dengan kebenaran-kebenaran firman Tuhan, ini boleh kita pertahankan. Namun jika tradisi itu bertentangan dengan kebenaran-kebenaran firman Tuhan, maka kita yang taat akan firman Tuhan tidak akan mau ikut-ikutan untuk melakukannya.

>> TRADISI YANG TIDAK BERTENTANGAN DENGAN FIRMAN TUHAN, boleh kita pertahankan; tetapi
>> TRADISI YANG BERTENTANGAN DENGAN FIRMAN TUHAN, tidak perlu kita ikuti.!!

Karena itu kita harus mempertimbangkannya baik-baik, apakah tradisi itu bertentangan dengan kebenaran-kebenaran firman Tuhan atau tidak.! Sebagai bahan pertimbangannya, kita memerlukan :
1) Belajar menggali pengertian-pengertian firman Tuhan dengan pengurapan ROHULKUDUS, agar kita dapat membedakan mana Tradisi yang tidak bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan dan mana Tradisi yang bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan.

2) Mau menyangkal diri (Luk 9:23) ->> Artinya : Harus siap dicemooh, diejek atau bahkan dikucilkan sekalipun, karena tidak mau mengikuti tradisi yang bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan.
Maka secara otomatis mereka juga menganggap kita telah berani melanggar tradisi, lalu mengucilkan kita.

** Setiap orang yang percaya Kristus Yesus sebagai juru selamat, harus siap menderita oleh karena kebenaran firman Tuhan; Orang-orang yang seperti ini pasti akan mendapatkan pengertian yang mendalam tentang rahasia-rahasia kebenaran Tuhan yang kekal.
~> Jawab-Nya: "Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan. // Mrk 4:11.

~> Berbahagialah kamu, jika kamu dinista karena nama Kristus, sebab Roh Kemuliaan, yaitu ROH ALLAH ADA PADAMU. // 1Ptr 4:14.

Orang yang mendapatkan Hikmat pengertian tentang kebenaran firman Tuhan, pasti akan mencocokkan segala sesuatunya dengan kebenaran firman Tuhan. ->> Tetapi bagi mereka yang tidak mengerti kebenaran firman Tuhan, mereka justru memutar-balikan pengertian firman Tuhan, yaitu dengan mencocokkan firman Tuhan kepada hal-hal yang seharusnya tidak cocok ->> Sehingga "SEOLAH_OLAH" cocok dengan kebenaran Firman Tuhan.!! ->> Dapat menyesatkan banyak orang.!!

~> Dilanjutkan pada jilid 2.

~~~ Tuhan Yesus memberkati kta semua ~~~ { Amos Anthony Halim }

BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar