Sabtu, 02 Januari 2010

GEREJA YANG BERTUMBUH

GEREJA YANG BERTUMBUH ( disadur dari REMA/2003 dan GKFI)
Dasar Firman Tuhan: KPR: 2:47.


2:47 sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.

Owen W. Glassburn menulis sebuah puisi dengan judul, " Gerejaku". Isi dari puisi itu adalah sebagai berikut: "Gerejaku; sebuah ruangan yang tenang, sebuah tempat untuk kedamaian, sebuah rumah iman di mana kebimbangan berhenti, sebuah rumah penghiburan di mana pengharapan diberikan, sebuah sumber kekuatan untuk menolong kita ke surga, sebuah tempat penyembahan, sebuah tempat untuk berdoa, saya menemukan semua ini dalam Gerejaku hari ini." Jika sebuah gereja menunjukan keadaan seperti itu, bukan saja Owen W. Glassburn yang akan betah berada di gereja itu, tetapi jemaat yang lain pun akan betah untuk hidup bersama didalam gereja tersebut. Kondisi yang seperti inilah dan dengan pertolongan Tuhan menjadikan gereja bisa bertumbuh.

Jemaat mula-mula merupakan gereja yang bertumbuh dengan pesat. Dikatakan dalam Kisah Para Rasul 2: 47: "sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan. Faktor-faktor yang dapat membuat mereka menjadi gereja yang bertumbuh adalah karena mereka disukai semua orang dan atas pertolongan Tuhan. Mereka disukai semua orang karena kehidupan mereka bisa menjadi saksi bagi orang lain. Antara pengajaran dan kehidupan mereka ada keselarasan. Kasih yang sungguh yang mereka tunjukan di antara sesama anggota membuat orang lain melihat perbedaan yang besar antara mereka dengan orang-orang yahudi pada umumnya, bahkan dengan orang-orang farisi dan ahli-ahli taurat. Sukacita yang mereka tunjukan, sekalipun dibawah tekanan juga sangat terasa bagi orang lain, karena sukacita itu berasal dari Tuhan. Sukacita dari Tuhan ini juga yang membuat mereka sanggup untuk menerima orang-orang lainnya seberapa banyak yang Tuhan tambahkan kepada mereka, tanpa melihat latar belakan kehidupan mereka yang lama.

Jelaslah bahwa Jemaat mula-mula dapat menjadi gereja yang bertumbuh karena ditentukan oleh faktor-faktor penting, yaitu adanya tanggungjawab manusia, yang mereka tunjukan melalui kesaksian hidup yang benar di hadapan semua orang dan karya Tuhan dalam menyelamatkan orang lainnya serta mengirimkan orang-orang tersebut untuk masuk dalam bilangan mereka.

Banyak gereja yang terhambat pertumbuhannya karena keadaan didalamnya tidak mendukung. Jika kasih yang sungguh tidak tampak, masing-masing anggota hanya mementingkan kepentingannya sendiri, tidak ada ketulusan hati dalam hidup bersama dan sukacita tidak terlihat, maka pertumbuhan gereja tidak akan terjadi. Kalupun unsur tanggungjawab manusia pendungkung pertumbuhan itu ada, setiap anggota harus tetap berlutut di hadirat Tuhan supaya Tuhan merubah dan menyelamatkan gerejaNya.

Dalam KPR 2:47a: Sambil memuji Allah: Menunjukan bahwa kata sambil memuji Allah; berarti tidak terbatas pada perkumpulan gereja, komunitas gereja dan ibadah-ibadah bersama, tetapi hal ini berbicara tentang kehidupan di luar gereja, kita bisa memuji Allah pada waktu kita bekerja setiap hari dalam kehidupan kita. Penyembahan kepada Allah setiap hari.

Apa Tujuannya:
1. Allah di tinggikan dalam setiap kehidupan kita
2. Melawan tipu muslihat setan, mengalahkan pengaruh – pengaruh duniawi yang kuat
3. Mempunyai perisai iman yang kuat dan iman semakin di kuatkan


Hasil yang dicapai apabila kita memuji-muji Allah:
1.Mereka disukai semua orang: kata disukai adalah dihormati, senang dan orang-orang dengan leluasa bisa datang kepada kita, bisa menyampaikan setiap masalah kepada kita karena mereka senang atau disukai.

2. Tuhan tambahkan jiwa: kita artikan begini: Konteksnya adalah Jemaat mula-mula tapi ingat Kalau kita setia sama Tuhan: bukan aja berkat tentang penambahan jiwa. Tetapi Tuhan menambahkan kita berkat yang lainnya. Subtansinya adalah gereja tetap bertumbuh, kita adalah gereja, gereja yang hidup dan kuat, gereja yang bisa menjadi berkat bagi setiap orang-orang sekitar kita, tempat pekerjaan kita dunia bisnis kita, kita bisa menjadi gereja yang asketis gereja yang melakukan kehendak Tuhan Yesus Kristus.

BLESSING FAMILY CENTRE MINISTRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar